Jakarta, 2 Maret 2018 menuju pembuatan SPT Tahunan
Assalamu'alaikum teman-teman bloger semua,
saya menuliskan ini hanya untuk sekedar sharing, dan membuat catatan untuk diri saya sendiri, tempat menuliskan sesuatu yang bisa dikenang. dan berharap smoga dapat bermanfaat.
Pernikahan sebuah ikatan resmi, bukan hanya tentang dua orang manusia, tapi tentang dua buah keluarga.
Pernikahan bukan akhir, tapi awal, awal perubahan dari masa bermanja-manja ria menjadi dewasa.
Bukan hanya tentang berbagi kemanisan, tapi juga bersabar menghadapi ketidaksukaan.
Persiapan Pernikahan
hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan pernikahan adalah:
Ingin seperti apa pernikahan akan diadakan?
dan
Mau seperti apa kehidupan setelah pernikahan?
mari bahas yang pertama
Ingin seperti apa pernikahan diadakan?
Mewah kah? Sederhanakah?
itu tergantung kalian, kalian yang paling tau kemampuan keuangan kalian, jika ingin mewah silahkan, sederhana pun tidak mengapa. terpenting adalah tujuan dari sebuah pernikahan itu.. menghalalkan hubungan, memberitahukan ke orang-orang bahwa telah ada pernikahan, mempersatuakan visi, membangun keluarga.
persiapkan budget yang kalian mampu, tidak perlu memaksa keadaaan, jika budget kalian hanya mampu mengadakan acara pernikahan seperti A, kenapa harus memaksakan seperti B.
Pengalaman saya, dari dua bulan lalu setelah mengadakan pesta pernikahan, terlepas dari seperti apa pernikahan yang kalian impikan, pertimbangkan hal-hal detail ini:
1. Lokasi pernikahan
Di gedung atau di rumah? menentukan lokasi didasari beberapa faktor, keuangan, keingin acara. Jika kalian ingin tidak terlalu repot setelah selesai acara pernikahan kalian, kalian bisa pilih di gedung, karena acara digedung tidak akan memberantakan rumah kalian, dan jika ada keluarga yang datang dari luar kota, rumah kalian bisa dijadikan tempat berkumpul.
Di rumah? tidak mengapa, faktor ini dipilih agar tidak memakan biaya banyak, karena seperti kita ketahui biaya sewa gedung lumayan mahal, harga gedung disekitar jakarta berkisar 8jt-30jtan sesuai tipe gedung yang kita pilih.
1. Lokasi pernikahan
Di gedung atau di rumah? menentukan lokasi didasari beberapa faktor, keuangan, keingin acara. Jika kalian ingin tidak terlalu repot setelah selesai acara pernikahan kalian, kalian bisa pilih di gedung, karena acara digedung tidak akan memberantakan rumah kalian, dan jika ada keluarga yang datang dari luar kota, rumah kalian bisa dijadikan tempat berkumpul.
Di rumah? tidak mengapa, faktor ini dipilih agar tidak memakan biaya banyak, karena seperti kita ketahui biaya sewa gedung lumayan mahal, harga gedung disekitar jakarta berkisar 8jt-30jtan sesuai tipe gedung yang kita pilih.
2. Tamu Undangan
Tentu tujuan utama anda mengadakan pesta pernikahan adalah menjamu tamu undangan,
memberikan yang terbaik untuk tamu anda, pastikan siapa tamu anda, kebanyakan sudah sepuhkah? atau sepantaran dengan kita, atau rekan bisnis kita?
beberapa hal yang diperhatikan untuk tamu undangan:
beberapa hal yang diperhatikan untuk tamu undangan:
1. Jumlah undangan yang anda pesan, hitung jumlahnya, catat kira-kira berapa yang diundang secara langsung, berapa yang diundang via online karena jarak yang jauh untuk mengundang secara langsung tidak memungkin, dari pengalaman saya jumlah undangan yang tersisa setelah acara pesta pernikahan lumayan bisa mengurangi pengeluaran kita.
2. Jika tamu undangan kita lebih banyak rekan orang tua kita, yang usianya sudah sepuh, pastikan siapkan lebih banyak kursi untuk mereka duduk, walau acara kamu bersifat standing party biasanya tetap ada beberapa kursi.
3. Jika terdapat tempat vip di acara pesta pernikahan mu, siapkan daftar list tamu-tamu penting yang akan menempati tempat vip tersebut.
4. Menentukan tamu undangan juga bisa jadi bahan pertimbangan kamu memesan varian olahan makanan yang akan kamu sajikan, misal karena standing party kamu memesan makanan yang mudah untuk dimakan, kamu lebih memilih ayam rolade yang sudah tidak ada tulangnya dibanding dengan ayam asam manis yang disajikan daging ayamnya masih dengan tulang.
3. Tema pernikahan
Menentukan tema pernikahan ini menurut ku lumayan susah, karena tidak semua dari kita mampu menjabarkan ke orang lain tentang apa yang kita inginkan, dan ditambah dengan banyaknya keinginan kita yang ingin diaplikasikan di acara pesta nanti. Untuk hal ini jika kalian menggunakan jasa dekor baik yang sudah termasuk dalam paket catering ataupun belum biasanya akan ada contoh tema-tema yang disediakan yang pernah digunakan oleh pengantin-pengantin sebelumnya, kalian bisa lihat dari contoh yang ada, ataupun bisa mengcostum atau memilih dari beberapa tema yang pernah dipakai dipadupadankan sesuai keinginan kalian. Yang perlu diingat tenangkan diri kallian, jangan terlalu panik, pilih yang kalian paling suka dari beberapa tema yang kalian suka. agar tema terlihat jelas.
4. Tim Pernikahan
Tim pernikahan lebih mudah dan hemat memang dari keluarga kita sendiri, tidak perlu memakai EO jika memang pesta pernikahan kalian tidak mengundang orang penting Negara, dari pengalaman saya biasanya hal seperti ini akan dibantu oleh orangtua, orangtua akan mengajak keluarga besar kita untuk ikut serta menjadi panitia, biasanya untuk keluarga inti akan diberi seragam dari paket catering yang ada, untuk kerabat lain dan tetangga yang ikut membantu jika kalian memiliki dana lebih bisa dibelikan baju yang seragam yang terjangkau di Tanah Abang atau pasar tradisional yang kalian tahu. Tapi tidak jadi permasalahan jika dana kalian pas, tidak perlu mamaksakan, kalian bisa ganti ucapan terima kasih kalian ke kerabat yang membantu dengan acara syukuran setelah pernikahan, untuk teman dekat kalian yang membantu kalian bisa memberikan gift atau kado sebagai ucapan terima kasih, tapi jika tidakpun tidak jadi masalah.
Tim Pernikahan yang biasa ada di acara pernikahan:
1. Bagian Konsumsi, biasanya 2 orang (satu dari pihak lelaki dan satu dari pihak wanita, atau boleh duadua nya dari pihak lelaki atau sebalikanya dari pihak wanita)
2. Bagian Penerima Tamu (Pagar ayu), saudara atau teman yang seusia kita
3. Bagian Among, berisi tante dan om
3. Bagian Among, berisi tante dan om
3. Bagian Protokol (disini jika kalian memiliki tempat untuk tamu vip), terdiri dari:
satu orang pemimpin yang memegang alat komunikasi,
beberapa orang yang mengenal atau tahu percis wajah dari tamu vip
4. Bagian Penyambut tamu, sebagai pembuka acara dari pihak keluarga
5. Bagian Mobile, sebagai orang yang paling aktif yang mengatur jalannya acara saat hari H, biasanya akan berhubungan langsung dengan PIC catering.
Ya itulah detail detail persiapan pernakahan menurut dari yang saya alami. Semoga bermanfaat. ^_^
Ya itulah detail detail persiapan pernakahan menurut dari yang saya alami. Semoga bermanfaat. ^_^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar